Pendekatan Holistik Bidang Kesehatan

Apa yang dimaksud dengan pendekatan holistik dalam kesehatan, Pengobatan holistik dalam dunia kesehatan dan medis adalah suatu metode penyembuhan dimana penderita dianggap satu kesatuan menyeluruh yang terdiri dari semua aspek yang menyertainya. Aspek yang dimaksud adalah aspek biologis, psikologis, sosial, spiritual dan finansial. Kesemua aspek yang telah disebutkan diatas tadi tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Jadi artinya ketika seorang petugas kesehatan hendak melakukan anamnesa atau menggali berbagai macam keterangan dan riwayat seorang pasien, haruslah dicantumkan semua aspek terkait tadi. Hal ini dimaksudkan agar proses penyembuhan dapat dilakukan secara optimal guna tercapainya taraf kesembuhan yang maksimal.

Prosedur Pengobatan Kesehatan Metode Holistik

Pendekatan Holistik Dengan Pengobatan Ala Eropa Yang Menggunakan Obat Obatan

Pendekatan Holistik Dengan Pengobatan Ala Eropa Yang Menggunakan Obat Obatan

Penyembuhan seseorang terhadap suatu penyakit tergantung dari semua asapek yang menyertainya. Contoh, disaat seorang pasien penyakit jantung, diberikan obat sesuai kondisi fisiknya, akan tetapi tidak diperhatikan kondisi sosial, mental, spiritual dan finansialnya. Apakah pasien tersebut mampu mengkonsumsi sendiri obat-obatan tersebut tanpa bantuan keluarga ? Apakah pasien tersebut mampu membeli obat-obatan yang diresepkan oleh dokter ? Apakah pasien tersebut merasa aman mengkonsumsi obat-obatan yang mungkin didalamnya terkandung zat-zat yang tidak diperbolehkan dalam kepercayaannya? Apakah pasien dapat mengontrol asupan obat-obatan sesuai dengan instruksi dokter apabila dilihat dari kesehatan mentalnya ?

Segala sesuatu yang mendukung proses penyembuhan itulah yang dinamakan proses penyembuhan secara holistik. Setiap pendekatan holistik dimaksudkan untuk mencapai kesembuhan yang mendekati sempurna terhadap pasien. Segala aspek diharapkan mampu memberikan kontribusi positif agar pasien dapat meraih kesembuhan yang setinggi-tinggi sesuai yang diharapkan.

Pendekatan Holistik dalam Dunia Kesehatan

Pendekatan Holistik dalam Dunia Kesehatan

Dalam konsep pendekatan holistik di bidang kesehatan ini telah membuktikan bahwa proses penyembuhan jauh lebih cepat dibandingkan dengan konsep pengobatan secara terpisah. Bila pasien hanya ditangani secara fisik tanpa melihat segi yang lain, proses pengobatan ini berjalan lebih lamban, karena aspek lain jauh memberikan kontribusi positif terhadap rangkaian tahap demi tahap suksesnya penyembuhan seorang pasien.
Pendekatan holistik di dunia kesehatan sekarang ini sudah banyak diterapkan di berbagai pelayanan kesehatan baik dalam maupun luar negeri.

Leave a Reply