CAT LIFT Truck Yang diBekali Fitur Presence Detection System

CAT LIFT Truck Yang diBekali Fitur Presence Detection System

Pt trakindo Utama memperkenalkan mesinmesin lift truck yang lincah dan produktif, dengan fitur-fitur yang mengutamakan safety dan kenyamanan operator. Selain lift truck genset genset juga banyak di pamerkan di acara ini. Salah satunya genset perkins, genset perkins sendiri banyak digunakan di lokasi proyek sebagai sumber listrik untuk mensupply kebutuhan listrik di lokasi. untuk harga genset perkins pun bervariasi, karena genset perkins tersedia dari mulai 10 kva hingga 2000 kva.Kalau Anda meng inginkan kemudahan dan efsiensi dalam pengaturan hasil-hasil – produksi atau barang-barang di gudang, mesin-mesin Cat Lift Truck berikut ini bisa membantu Anda. Ditampilkan pada sebuah pameran di Jakarta baru-baru ini, PT Trakindo Utama menghadirkan dua tipe forklift yang sebetulnya sudah sangat familiar di kalangan para pelaku industri, terutama logistik. Kedua jenis forklift yang diperkenalkan kali ini adalah kelas 2 ton dan 2,5 ton. “Kami memang men-display dua tipe lift truck Caterpillar pada kesempatan ini, karena kami melihat banyak kebutuhan industri konstruksi yang dapat dipenuhi oleh forklift kelas 2,5 ton,” kata Sonny Isanto, Opportunity Manager Product Support Marketing PT Trakindo Utama kepada Equipment Indonesia di sela-sela pameran itu.

Selain itu, ia melanjutkan, melihat perkembangan pembangunan pergudangan yang sangat pesat dan kebutuhan lift truck elektrik ukuran kecil yang cukup tinggi, maka Trakindo pun menjawab permintaan pasar itu dengan menyediakan forklit elektrik tipe kecil. Sonny menambahkan, mesinmesin lift truck tipe kecil bikinan Caterpillar mengakomodir kebutuhan alat angkat pada industri logistik di area perkotaan, terutama yang kelas 2,5 hingga 3 ton. Untuk menjamin operasi yang makin ramah lingkungan, Trakindo menyediakan dua tipe forklift, yakni tipe elektrik dan diesel yang sudah Tier 3. Dari segi ukuran, tipe, opsi power dan aplikasi, produkproduk Caterpillar ini mirip dengan mesin-mesin forklift buatan pabrikan lain yang ada di pasar saat ini. Tetapi, menurut Sonny, Caterpillar membekali mesin-mesin ini dengan sejumlah ftur tambahan, terutama yang berkaitan dengan safety, sehingga membuatnya berbeda dari produk-produk sejenis. Ia mencontohkan pemasangan Presence Detection System (PDS) pada Cat Lift Truck, yakni suatu sistem yang bisa mengontrol unit saat sedang mengangkat barang ke atas.

“Ketika lift truck ini sedang dalam posisi mengangkat barang ke atas dan tidak ada operator yang duduk di kabin, maka secara otomatis alat ini langsung locked walaupun mesinnya masih hidup. Tidak maju, tidak mundur, tidak naik dan turun, karena ternyata sensornya di bangku,” Sonny manguraikan. Produk-produk Cat Lift Truck ini dilengkapi dengan auto locked system melalui setelan berat badan operator. “Kalau berat badan berbeda dengan operator sebelumnya yang sudah di-setting, maka secara otomatis forklift tidak akan bisa beroperasi,” ujarnya. Cat Lift Truck juga tidak akan menyala kalau operator yang sudah duduk di balik kemudi tidak mengenakan (memasang) safety belt. “Operator harus duduk dengan posisi yang benar dan memakai safety belt baru mesin ini bisa menyala. Jika tidak, engine tidak akan merespon,” tukasnya.

“Secara keseluruhan produk produk Cat Lift Truck mengutamakan safety. Semua teknologi yang digunakan lebih pada mengurangi human error, sehingga mencegah terjadinya kecelakaan kerja di lapangan,” ia menyimpulkan. Selain isu keselamatan kerja, disain mesin-mesin angkat Caterpillar ini juga mengedepankan kenyamanan operator. Rancangannya aerodinamis dengan pemasangan suspensi pada kursi operator untuk meredusir dampak guncangan. Kalau terjadi guncangan, operator tidak terlalu merasakan dampaknya, sehingga dia tidak mudah letih karena guncangan alat itu diserap oleh suspensi. Cat Lift Truck tidak hanya menonjolkan ftur-ftur yang memanjakan operator, tetapi PT Trakindo Utama selaku distributor memberikan support pada produk-produk ini dengan layanan purna jual yang sangat baik. “Trakindo sudah 45 tahun di bisnis alat berat/ konstruksi, sehingga para customer tidak perlu meragukan kemampuan kami dalam menyediakan after sales services (ASS),” tukas Sonny meyakinkan. Trakindo memiliki jaringan penjualan dan servis di hampir semua kota besar di Tanah Air. Kebutuhan suku cadang (spareparts) selalu tersedia di kantor-kantor cabang Trakindo.

Kerusakan ataupun keluhan sekecil apapun terhadap unit-unit yang ada akan langsung di-handle dengan sangat baik oleh teknisi-teknisi kami, dan standar servisnya sama dengan alat-alat berat/ konstruksi lainnya dari Caterpillar,” ungkap Sonny. Merujuk pada testimoni dari para customer, ia mengatakan bahwa produk-produk Cat Lift Truck ini diakui lincah, produktif dan power-nya tidak pernah mengecewakan. Interval penggantian oli mesin pun lebih lama hingga dua kali lipat dari yang lain, dari 200 jam sampai 500 jam. Bahkan dengan introduksi rem cakram yang baru dirancang memungkinkan interval perawatan gratis hingga 10.000 jam, tetapi tergantung kondisi pemakaiannya.

Leave a Reply